Optimalkan Alur Pelayanan Publik: Mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2024 Membuat Banner Alur Inovatif di Balai Desa Tlogowero

Pelayanan publik merupakan salah satu aspek penting dalam pemerintahan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun, seringkali pelayanan yang diberikan tidak berjalan secara optimal, sehingga menciptakan ketidakpuasan di kalangan masyarakat. Padahal, dengan memberikan pelayanan yang prima merupakan tujuan utama pengadaan pelayanan publik. Pelayanan prima adalah pelayanan yang efektif dan efisien, inklusif, serta memberikan kepuasan pada masyarakat.

 

Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa di Kantor Balai Desa Tlogowero, informasi terkait alur pelayanan belum tersedia secara jelas bagi masyarakat. Masyarakat umumnya lebih sering bertanya langsung kepada petugas untuk memahami langkah-langkah yang perlu diikuti dan persyaratan yang dibutuhkan dalam menerima pelayanan. Keadaan ini menciptakan ketidakefisienan dalam pelayanan dan potensi kesalahpahaman antara masyarakat dan petugas pelayanan.

 

Guna meningkatkan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat terhadap pelayanan administrasi maka salah satunya diperlukan informasi perihal alur pelayanan publik dalam pengurusan dokumen-dokumen kependudukan. Alur pelayanan publik diperuntukan kepada masyarakat agar membantu dan memahami dalam alur pengurusan dokumen kependudukan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam kepengurusannya. Sebelum melakukan program kerja, telah dilakukan koordinasi terlebih dahulu dengan pihak Perangkat Desa Tlogowero agar proses pengerjaan program kerja berjalan sesuai harapan.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN Tim II UNDIP berkolaborasi dengan pihak Perangkat Desa Tlogowero, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dengan memberikan informasi tertulis mengenai alur pelayanan publik dan persyaratan yang dibutuhkan dalam menerima layanan. 

 

Proses penyusunan Alur Pelayanan Publik dilakukan setelah koordinasi awal terkait rancangan program dan mendapatkan izin dari pihak Perangkat Desa Tlogowero. Informasi tertulis Alur Pelayanan Publik pada Administrasi Kependudukan dilakukan dengan pembuatan Bingkai Banner yang akan diletakkan di Kantor Balai Desa Tlogowero sesuai arahan dari Pihak Desa Tlogowero.

 

Tujuan dilakukan program kerja ini agar masyarakat lebih mendapatkan informasi tertulis secara jelas, sehingga tidak terjadi hambatan-hambatan mengenai informasi alur dan persyaratan yang dibutuhkan dalam menerima layanan. Selain itu, program ini dapat membantu masyarakat yang belum memahami alur atau langkah-langkah pelayanan administrasi. Program kerja ini juga sangat membantu Pihak Desa Tlogowero dalam peningkatan Pelayanan Publik kepada masyarakat.

 

 

Penulis: Shinta Dwi Kartika, Administrasi Publik, FISIP, Universitas Diponegoro.

Dosen Pembimbing: Nor Basid Adiwibawa Prasetya, S.Si., M.Sc., Ph.D.

Tanggal Pelaksanaan 22 Juli di  Balai Desa Tlogowero, Kec. Bansari, Kab. Temanggung.


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook
chat
chat